Sedikit Cerita Delegasi PPNS setelah Ikuti International Conference UNEOS

                      Surabaya, pada tanggal 29 Januari – 1 Februari 2017 lalu telah berlangsung International Conference, UNEOS Malaysia 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. UNEOS sendiri merupakan kependekan dari Universal Networking Empowerment Organization Program, merupakan forum pelajar se-ASEAN yang berperan sebagai komunikasi lintas budaya, penguatan relasi dan kemampuan ekspresif serta orientasi tentang perbedaan ekonomi di negara lain.

UNEOS Malaysia 2017 membuka pendaftaran partisipan secara online melalui website www.uneos.org dan salah satu peminat program ini yaitu Farhan Mahdy Ramadhan merupakan mahasiswa Teknik Permesinan Kapal dari Politeknik Perkapalan Negeri  Surabaya. Ia mendaftar secara online dan mengumpulkan essay berbahasa inggris dengan topik pembahasan tentang ASEAN. Kemudian seleksi dilangsungkan dan diumumkan lulus setelah seminggu pengumpulan.

“Mengenai akomodasi telah ditanggung oleh panitia penyelenggara seluruhnya, karena mobilitas peserta ada untuk field trip dan market analisis” jelas Farhan. Ia juga menyampaikan ilmu yang didapatkan dari program ini cukup banyak terutama mengenai ASEAN, pengembangan sektor ekonomi di ASEAN, tujuan dari AEC, dan pengembangan ekonomi Malaysia.

Kesan dan pesan Farhan Mahdy Ramadhan setelah mengikuti International Conference, UNEOS Malaysia 2017  yakni “Sebagai mahasiswa Indonesia kita harus beranjak dari ketertinggalan kita. Saya percaya bahwa kebijakan pemerintah tidak akan berjalan tanpa adanya roda yang memutar, yakni pemudanya. Terus berkarya dan haus akan pengalaman dan ilmu pengetahuan. Selain itu untuk mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya terutama Teknik Permesinan Kapal jangan minder, kita bisa mengembangkan sayap dan menjejakkan kaki kita di ranah internasional. Karena kita memiliki ciri yang unik, terdepan dari yang sama adalah simbol kita agar terus mengembangkan diri untuk almamater dan untuk bangsa”. (je/b2/me)

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *