Penjelasan Tahanan Kapal

           Tahanan suatu kapal adalah gaya arus air yang berlawanan terhadap arah kapal (Harvald, Svend Aage;Resistance and Propulsion of Ships;1983). Gerakan kapal di fluida bekerja seperti sistem sumbu ortogonal yaitu 3 (tiga) buah sumbu x, y, dan z, ditempatkan sedemikian rupa, pusat sumbu berimpit dengan titik berat kapal. Bidang x, dan y satu bidang dengan permukaan bumi (sejajar). Pada dasarnya tahanan kapal dibagi menjadi dua yaitu tahanan yang berada di atas permukaan air dan tahanan yang berasal dari bawah permukaan air. Tahanan yang di atas permukaan air adalah yang bekerja pada bagian badan kapal yang kelihatan di atas permuakaan air, disini pengaruh adanya udara yang mengakibatkan timbulnya hambatan.

Komponen tahanan yang bekerja pada kapal dalam gerakan mengapung di air adalah :

a. Tahanan Gesek (Friction Resistance)

              Tahanan gesek timbul akibat kapal bergerak melalui fluida yang memiliki viskositas               seperti air laut, fluida yang berhubungan langsung dengan permukaan badan kapal yang             tercelup sewaktu bergerak akan menimbulkan gesekan sepanjang permukaan tersebut,               inilah yang disebut sebagai tahanan gesek.

               Tahanan gesek terjadi akibat adanya gesekan permukaan badan kapal dengan media         yang di lalulinya. Oleh semua fluida mempuyai viskositas, dan viskositas inilah yang                     menimbulkan gesekan tersebut. Penting tidaknya gesekan ini dalam suatu situasi fisik                   tergantung pada jenis fluida dan konfigurasi fisik atau pola alirannya (flow pattern).

               Viskositas adalah ukuran tahanan fluida terhadap gesekan bila fluida tersebut                     bergerak. Jadi tahanan Viskos (RV) adalah komponen tahanan yang terkait dengan energi           yang dikeluarkan akibat pengaruh viskos.

b. Tahanan Sisa (Residual Resistante)

             Tahanan sisa didefenisikan sebagai kuantitas yang merupakan hasil pengurangan dari         hambatan total badan kapal dengan hambatan gesek dari permukaan kapal. Hambatan sisa         terdiri dari ;

  1.    Tahanan Gelombang (Wake Resistance)

                        Tahanan gelombang adalah hambatan yang diakibatkan oleh adanya gerakan                    kapal pada air sehingga dapat menimbulkan gelombang baik pada saat air tersebut                      dalam keadaan tenang maupun pada saat air tersbut sedang bergelombang.

  1.    Tahanan Udara (Air Resistance)

                       Tahanan udara diartikan debagai Tahanan yang di alami oleh bagian badan kapal                utama yang berada diatas air dan bangunan atas (Superstrukture) karena gerakan                        kapal di udara. Tahanan ini tergantung pada kecepatan kapal dan luas serta bentuk                      bangunan atas tersebut. Jika angin bertiup maka tahanan tersebut juga akan                                tergantung pada kecepatan angin dan arah relatif angin terhadap kapal.

  1.    Tahanan Bentuk

                       Tahanan ini erat kaitannya dengan bentuk badan kapal, dimana bentuk lambung                  kapal yang tercelup di bawah air menimbulkan suatu tahanan karena adanya pengaruh                dari bentuk kapal tersebut.

c. Tahanan Tambahan (Added Resistance)

               Tahanan ini mencakup tahanan untuk korelasi model kapal. Hal ini akibat adanya                 pengaruh kekasaran permukaan kapal, mengingat bahwa permukaan kapal tidak akan                 pernah semulus permukaan model. Tahanan tambahan juga termasuk tahanan udara,                 anggota badan kapal dan kemudi.

     Komponen Tahanan tambahan terdiri dari :

  • Tahanan anggota badan (Appendages Resistance), adalah tahanan dari bos poros, penyangga poros, lunas bilga, daun kemudi dan sebagainya.
  • Tahanan kekasaran, adalah terjadi akibat kekasaran dari korosi air, pengotoran pada badan kapal, dan tumbuhan laut.
  • Hambatan kemudi (Steering Resistance), terjadi akibat pemakaian kemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *