Jalan Teknik Kimia ITS Sukolilo, Surabaya

031-5947186 himame@ppns.ac.id

Bagian Depan Kapal

Konstruksi bagian ujung depan kapal adalah merupakan serangkaian konstruksi yang dimulai dari bagian ujung depan kapal sampai dengan sekat pelanggaran/ tubrukan (collision bulkhead). Ujung depan badan kapal dirancang sedemikian rupa untuk memisahkan air secara baik agar tidak menimbulkan tahanan air yang berlebihan. Dan, aliran ini diusahakan supaya tetapstreamline sepanjang kapal, sehingga tahanan gelombang kapal dapat dikurangi sampai sekecil mungkin. Linggi haluan merupakan bagian terdepan kapal. Linggi ini menerus ke bawah sampai ke lunas.

Gambar 4.1. Bentuk konstruksi haluan

Keterangan :

  1. Bak rantai jangkar               14. Balok ceruk
  2. Ceruk haluan                     15. Senta sisi
  3. Gudang                           16. Sekat horisontal berlobang
  4. Pelat linggi                     17. Balok ceruk
  5. Pelat lunas rata                 18. Penumpu tengah
  6. Lutut horisontal                 19. Pelat hadap
  7. Geladak kedua                    20. Pelat lutu
  8. Penumpu geladak                  21. Wrang
  9. Wrang                            22. Geladak haluan
  10. Semen                           23. Geladak atas
  11. Balok geladak                   24. Sekat horisontal memanjang
  12. Gading-gading                   25. Sekat tubrukan
  13. Balok geladak                   26. Alas berganda

One thought on “Bagian Depan Kapal”

  1. Hi! This post could not be written any better! Reading
    through this post reminds me of my previous room mate!
    He always kept talking about this. I will forward this post to him.
    Fairly certain he will have a good read. Thank you for sharing!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *